Idul Fitri Blora Bojonegoro Kembali Normal

Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, beserta Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM., dan jajaran Forkopimda, mengikuti pelaksanaan Salat Ied (Idulfitri 1 Syawal 1443 H) di Masjid Agung Baitunnur Alun-alun Blora

Saudara Cepu Raya. Berita bulan Mei 2022 ini dimulai dengan awalan yang baik. Masyarakat kita mempercayai bahwa amalan manusia pada Hari Raya Idul Fitri akan dikembalikan ke titik nol, asalkan orang tersebut mau minta maaf pada sesama makhluk dan mohon ampunan Tuhan Yang Maha Esa. Kabar baiknya, perayaan Idul Fitri di Kabupaten Bojonegoro tahun 2022 ini telah kembali normal.  

Diberitakan oleh Blorakab Go Id, Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, beserta Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM., dan jajaran Forkopimda, mengikuti pelaksanaan Salat Ied (Idulfitri 1 Syawal 1443 H) di Masjid Agung Baitunnur Alun-alun Blora, Senin (2/5/2022) pagi.

Rombongan berjalan kaki dari Pendopo Rumah Dinas Bupati menuju Masjid Agung Baitunnur yang berjarak sekitar 200 meter. Masing-masing bersama keluarga, disambut Takmir di depan gerbang masjid.

Sebelum Salat Ied dimulai, diawali terlebih dahulu dengan sambutan Bupati. Bupati Arief dalam sambutannya mengucapkan selamat Idulftri, selamat datang pemudik, dan mengajak para diaspora Blora untuk mendukung pelaksanaan pembangunan daerah.

"Selamat Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1443 H untuk seluruh warga masyarakat Blora, mohon maaf lahir dan batin. Selanjutnya selamat datang juga bagi para pemudik di kampung halaman. Maaf jika perjalanannya kurang nyaman karena memang masih banyak jalan rusak, dan kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pembangunan infrastruktur di 2022 ini," ucap Bupati.

Menurut Bupati, anggaran pembangunan infrastruktur jalan tahun 2022 ini ditingkatkan. Dari sekitar Rp100 miliar di 2021 tahun lalu menjadi hampir Rp300 miliar di 2022 ini.

Bahwasanya dalam membangun Blora ini kami bersama Bu Wakil Bupati tidak bisa sendirian. Saran masukan dari para sesepuh dan Diaspora Blora yang sedang pulang kampung sangat kami nantikan. Kami sangat terbuka, monggo kita Sesarengan mBangun Blora

"Bahwasanya dalam membangun Blora ini kami bersama Bu Wakil Bupati tidak bisa sendirian. Saran masukan dari para sesepuh dan Diaspora Blora yang sedang pulang kampung sangat kami nantikan. Kami sangat terbuka, monggo kita Sesarengan mBangun Blora ," lanjut Bupati.

Tidak hanya pembangunan infrastruktur, pembangunan SDM , Pendidikan Keagamaan, dan Pendidikan umum juga terus ditingkatkan.

"Program 1 Desa 2 Sarjana, program Blora Mengaji, Blora Bersholawat dan lainnya akan terus kita lanjutkan. Kita ingin pembangunan dunia dan akhiratnya seimbang. Dunianya dapat, akhiratnya dapat," sambung Bupati.

Sedangkan di bidang kesehatan, kualitas pelayanan kesehatan juga akan ditingkatkan dengan adanya penambahan rumah sakit di wilayah barat dan selatan.

"InshaAllah di 2023 nanti pembangunan rumah sakit di Kunduran dan Randublatung akan kita mulai. Di Kunduran akan berdiri rumah sakit Bhayangkara yang kita kerjasamakan dengan Polri. Sedangkan di Randublatung akan kita bangun RSUD. Sejulah rumah sakit swasta di Blora dan Cepu juga terus melakukan perbaikan dan peningkatan fasilitas," tambah Bupati.

Selanjutnya di sektor ekonomi, Bupati menyatakan bahwa potensi UMKM di Kabupaten Blora saat ini sangat bagus. Sehingga terus didorong dan difasilitasi untuk maju.

"Kita gelar pameran UMKM selama Ramadan kemarin agar pertumbuhan ekonomi lokal kita terus bergerak. Sedangkan mulai kemarin kita luncurkan Pusat Oleh-oleh khas Blora yang berisi produk UMKM di selatan Alun-alun Blora. Harapannya para pemudik bisa ikut membeli dan mengenalkan produk UMKM Blora lebih luas," jelas Bupati.

Usai sambutan, dilanjutkan dengan pelaksanaan Salat Ied. Adapun yang bertindak sebagai imam adalah KH Muharror Ali, pengasuh Pondok Pesantren Khozinatul Ulum Blora.

Pelaksanaan Salat Ied dengan 7 kali takbir di rakaat pertama, dan 5 kali takbir di rakaat kedua.

Rangkaian ibadah kemudian ditutup dengan khotbah Idulfitri dan doa bersama yang disampaikan oleh KH. Nur Salim, Lc, Pengasuh Pondok Pesantren Al Banjari Tunjungan.

Dalam khotbahnya, KH. Nur Salim mengajak seluruh umat muslim untuk tidak bosan membangun tali silahturahmi di momentum Idulfitri seperti ini.

"Arti kemenangan sesungguhnya ketika seseorang mampu membangun silahturahmi dengan siapapun, kemudian saling memaafkan dan mengasihi setelah sebulan berpuasa. Jika ini mampu kita laksanakan dengan ikhlas tanpa paksaan, inshaAllah hidup kita terasa menyenangkan," ucapnya.

Terakhir, Bupati dan jajaran Forkopimda melakukan jabat tangan bersama, bersilahturahmi dengan para jamaah Masjid yang hadir.

Bupati Bojonegoro dan keluarga tunaikan shalat idul fitri di masjid besar Baabus Shofa Sukorejo Bojonegoro. Turut hadir pula Ketua DPRD Bojonegoro Abdulah Umar, Sekretaris Daerah Nurul Azizah serta jajaran Kepala OPD di lingkup Pemkab Bojonegoro ikuti jalannya shalat idul fitri 1 syawal 1443 H

Hari H Idul Fitri Bojonegoro

Dirilis dalam beritanya oleh Bojonegorokab Go id, Senin, 02/05/2022 Bupati Bojonegoro dan keluarga tunaikan shalat idul fitri di masjid besar Baabus Shofa Sukorejo Bojonegoro. Turut hadir pula Ketua DPRD Bojonegoro Abdulah Umar, Sekretaris Daerah Nurul Azizah serta jajaran Kepala OPD di lingkup Pemkab Bojonegoro ikuti jalannya shalat idul fitri 1 syawal 1443 H. 

Jalannya shalat idul fitri dipimpin langsung oleh Kyai Warsidi bertindak sebagai imam dan Dr. KH. Tamam Syaifudin sebagai khotib dari pengasuh Ponpes Al-Fatimah Bojonegoro. Dalam kesempatan yang berbahagia ini Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah menyampaikan beberapa pesan dan harapan. 

Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah mengatakan, "Idul fitri merupakan momentum untuk mensucikan hati dan fikiran kita, mempererat persaudaran dan memperkokoh persatuan dan kesatuan di antara kita. Dengan semangat kebersamaan persatuan dan kesatuan, maka pembangunan di Bojonegoro yang kita laksanakan di berbagai bidang ini, mulai dari infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pemukikam dan lingkungan, hingga sosial dan kemasyarakatan semakin cepat terwujud. Sehingga kesejahteraan akan dapat dirasakan seluruh masyarakat Kab. Bojonegoro yang selaras dengan komitment dan tagline Kab. Bojonegoro tahun 2022 Pembangunan Merata Sejahtera Terasa."

Lebih lanjut Bupati mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala dukungan dari seluruh warga Bojonegoro atas capaian pembangunan yang telah dilaksanakan. "mari kita jadikan idul fitri menjadi moment bebagi kebahagiaan kepada sesama, mari kita tingkatkan solidaritas sosial dan kepedulian bersama, terutama saudara-saudara kita yang masih dalam kategori masyarakat miskin". 

Dalam konteks ini pula, Pemkab. Bojonegoro terus berusaha secara maksimal melaksanakan program penanggulangan kemiskinan, bebagai macam intervensi program dan kegiatan telah dilakukan sebagai sarana untuk mengurangi kesenjangan, menurunkan angka kemiskinan melalui upaya-upaya perlindungan sosial yang dapat mengurangi beban kelompok miskin dan rentan. Atas nama Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, pribadi, dan segenap keluarga, Bupati mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal1443 H, Minal Aidzin Walfaidzin Mohon Maaf Lahir Dan Batin."

Perayaan malam takbiran dan Idulfitri 1443 H di kabupaten Blora berlangsung aman, lancar dan kondusif. Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Blora Polda Jawa Tengah AKBP Aan Hardiansyah,SH,MH,

H-1 Perayaan Malam Takbiran Blora

Perayaan malam takbiran dan Idulfitri 1443 H di kabupaten Blora berlangsung aman, lancar dan kondusif. Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Blora Polda Jawa Tengah AKBP Aan Hardiansyah,SH,MH, Senin, (2/5/2022).

Berdasarkan laporan dari Polsek jajaran di 16 kecamatan, situasi sampai saat ini terpantau aman kondusif serta tidak ada kejadian yang menonjol.

"Alhamdulilah, perayaan malam takbir dan Idulfitri 1443 H berjalan aman dan lancar.Tidak ada kejadian menonjol dan tentunya kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut berperan aktif dalam menjaga kondusifitas wilayah selama malam takbir hingga perayaan Idulfitri," kata Kapolres Blora.

Lebih lanjut Kapolres menambahkan bahwa dirinya selaku pimpinan Polres Blora mengucapkan Selamat Merayakan Idulfitri bagi warga muslim yang merayakannya.

"Kami ucapkan selamat Idulfitri 1443 H. Mohon maaf lahir dan batin," tandas Kapolres Blora.

Untuk diketahui, selama pelaksanaan malam takbir hingga sholat Idulfitri tadi pagi, petugas gabungan di kabupaten Blora yang terdiri dari anggota Polres Blora, Kodim, Satpol PP, Dinas Perhubungan hingga tenaga kesehatan dan tim lintas sektoral lainnya telah melakukan pengamanan.

Bahkan pada sore hari kemarin, ratusan personil gabungan melaksanakan apel pengamanan di  Alun-alun kabupaten Blora.

Selain tingkat Polres, pengamananpun dilakukan di 16 kecamatan oleh Polsek dan Koramil dengan petugas gabungan.

Sementara itu, Kapolres, Bupati dan Dandim 0721/Blora terus melakukan pemantauan arus mudik dan pemantauan situasi selama malam takbir.

Forkopimda Kabupaten Blora tersebut semalam mengunjungi dua Pos Pam lebaran yaitu di kawasan Alun alun Blora dan di Pos Lebaran Perbatasan Cepu - Jawa Timur hingga dini hari tadi.

Kemudian dalam pelaksanaan Sholat Idulfitri yang dilaksanakan diseluruh wilayah kabupaten Blora juga terpantau aman dan kondusif.

Sampai saat ini tidak ada laporan gangguan kamtibmas ataupun tindak kejahatan di wilayah kota barongan tersebut. 

Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menyambut Idul Fitri 1443H dengan mengikuti acara takbir secara virtual dengan 28 Forkopimcam se Kabupaten Bojonegoro di Pendopo Malowopati Pemkab, Minggu (01/05/2022). Takbir virtual ini disiarkan secara live streaming di kanal youtube Pemkab Bojonegoro.

Takbir Virtual Bojonegoro

Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menyambut Idul Fitri 1443H dengan mengikuti acara takbir secara virtual dengan 28 Forkopimcam se Kabupaten Bojonegoro di Pendopo Malowopati Pemkab, Minggu (01/05/2022). Takbir virtual ini disiarkan secara live streaming di kanal youtube Pemkab Bojonegoro.

Pelaksanaan takbir virtual diikuti pula oleh Ibu Sekda, Staf Ahli, Asisten Sekda, Ketua PC NU Syuriah, Ketua LDII, tokoh masyarakat dan diringi oklek yang dibawakan seniman Bojonegoro, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Dengan khusyu', Bupati Anna bersama Forkopimda mengumandangkan takbir dari pendopo Pemkab, sementara Forpimcam dari pendopo kecamatan masing-masing.

Bupati Anna dalam sambutannya mengajak semua pihak untuk mengumandangkan takbir sebagai penanda kemenangan setelah satu bulan penuh menahan lapar, haus, dan segala nafsu amarah. "Sehingga mudah-mudahan dalam satu bulan kita berpuasa, kita mendapatkan keberkahan dari Allah SWT," tutur Bupati Anna.

Bupati Anna menngungkapkan bahwa takbir bersama di lingkup Pendopo Pemkab merupakan sebuah tradisi seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana Pemkab selalu ketat menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. 


"Mudah-mudahan dengan kasus Covid-19 yang sudah menurun pun, kami tetap senantiasa patuh kepada kebijakan Pemerintah Pusat, bahwa sungguh pun kita bisa melaksanakan takbir namun tidak berkeliling," lanjut Beliau. 

Dalam kesempatan itu pula, Bupati Anna juga menyampaikan terima kasih kepada Danramil 0813 dan Kapolres Bojonegoro bersama jajarannya sehingga selama satu bulan puasa ini, Bojonegoro tertib, aman, dan damai. Termasuk pada hari-hari berikutnya tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada warga kita yang nantinya kembali bekerja di tempat kerja masing-masing. 

"Terima kasih kami sampaikan pula kepada seluruh warga Bojonegoro yang senantiasa bersama-sama tertib selama bulan puasa maupun perayaan Idul Fitri 1443H ini," pungkas Beliau.

Selanjutnya dilaksanakan pembacaan ayat suci Al Qur'an oleh Ahmad Subhan, siswa SLB Negeri Kalirejo, Kecamatan Ngraho. (HW)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel